Halaman

    Social Items


Kerajinan batik merupakan salah satu industri kreatif yang cukup berkembang di Indonesia. Keunikan karya-karya khas dengan nilai seni dan budaya tanah air telah memikat masyarakat di seluruh penjuru negara di dunia. Terbukti, banyak orang yang berminat dan mencari produk handicraft tersebut hingga rela berburu ke manapun untuk mendapatkannya.
Hanya sayangnya, banyak diantara pelaku bisnis kerajinan batik ini kurang memahami strategi dalam pemasarannya. Kebanyakan mereka masih menjualnya dengan cara konvensional, seperti di pasar, membuka toko, hingga mengikuti bazaar dan pameran untuk memperkenalkan produk mereka. Tak salah memang cara-cara tersebut. Namun di zaman yang serba canggih ini perlu dikembangkan strategi yang lebih jitu yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi, terutama internet.
Melalui internet, akses bisa dilakukan oleh siapa saja dan setiap saat tanpa ada batasan ruang dan waktu. Sarana yang digunakan pun sudah kian canggih, dengan beragam gadget yang dinamis sehingga makin memudahkan orang mendapatkan informasi, hingga melakukan transaksi melalui internet. Peluang inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai media untuk memasarkan produk kerajinan dengan efektif dan efisien.
Dalam hal pemasaran produk batik, Anda bisa mencoba untuk menggunakan media sosial dengan lebih optimal. Tak perlu harus memanfaatkan semua media sosial sekaligus, cukup pilih beberapa namun lakukan pengelolaan secara rutin dan konsisten. Seperti misalnya via Facebook page, Instagram, forum Kaskus atau melalui pengelolaan blog dan website secara profesional. Sebagaimana dilakukan oleh Budi dan Siti melalui web http://budidansiti.com/id/118-batik-indonesia, beragam barang unik kerajinan batik Indonesia menjadi produk andalannya.
Untuk bentuk web profesional berupa online shop, pastikan di dalamnya tersedia informasi detail tentang produk. Baik deskripsi produk, foto produk, informasi ketersediaan barang hingga mekanisme transaksi yang aman dan terpercaya. Dengan demikian masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan informasi produk sekaligus mendapatkan kemudahan saat berminat dan ingin membelinya.

Strategi pemasaran batik di indonesia

PERUSAHAAN BATIK PEKALONGAN

Kerajinan batik merupakan salah satu industri kreatif yang cukup berkembang di Indonesia. Keunikan karya-karya khas dengan nilai seni dan budaya tanah air telah memikat masyarakat di seluruh penjuru negara di dunia. Terbukti, banyak orang yang berminat dan mencari produk handicraft tersebut hingga rela berburu ke manapun untuk mendapatkannya.
Hanya sayangnya, banyak diantara pelaku bisnis kerajinan batik ini kurang memahami strategi dalam pemasarannya. Kebanyakan mereka masih menjualnya dengan cara konvensional, seperti di pasar, membuka toko, hingga mengikuti bazaar dan pameran untuk memperkenalkan produk mereka. Tak salah memang cara-cara tersebut. Namun di zaman yang serba canggih ini perlu dikembangkan strategi yang lebih jitu yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi, terutama internet.
Melalui internet, akses bisa dilakukan oleh siapa saja dan setiap saat tanpa ada batasan ruang dan waktu. Sarana yang digunakan pun sudah kian canggih, dengan beragam gadget yang dinamis sehingga makin memudahkan orang mendapatkan informasi, hingga melakukan transaksi melalui internet. Peluang inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai media untuk memasarkan produk kerajinan dengan efektif dan efisien.
Dalam hal pemasaran produk batik, Anda bisa mencoba untuk menggunakan media sosial dengan lebih optimal. Tak perlu harus memanfaatkan semua media sosial sekaligus, cukup pilih beberapa namun lakukan pengelolaan secara rutin dan konsisten. Seperti misalnya via Facebook page, Instagram, forum Kaskus atau melalui pengelolaan blog dan website secara profesional. Sebagaimana dilakukan oleh Budi dan Siti melalui web http://budidansiti.com/id/118-batik-indonesia, beragam barang unik kerajinan batik Indonesia menjadi produk andalannya.
Untuk bentuk web profesional berupa online shop, pastikan di dalamnya tersedia informasi detail tentang produk. Baik deskripsi produk, foto produk, informasi ketersediaan barang hingga mekanisme transaksi yang aman dan terpercaya. Dengan demikian masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan informasi produk sekaligus mendapatkan kemudahan saat berminat dan ingin membelinya.

Tidak ada komentar